Minggu, 27 Juni 2010

perbedaan game engine cube 2 dengan Linear engine with spring system

Cube 2 atau Sauerbraten Game Engine

      Pernah mendengar Cube 2 Engine alias Sauerbraten? Game engine ini adalah multiplayer/singleplayer first person shooter yang GRATIS, dibuat dari desain ulang engine Cube FPS sebelumnya. Game engine ini sangat unik dan relatif mudah digunakan. Baca artikel ini untuk mendapatkan informasi singkat namun padat…. saya juga memberikan link untuk mendownload dan beberapa screenshot yang akan membuat anda tertarik untuk mencoba…
      Game engine ini pada dasarnya ditujukan untuk membuat pengguna atau pemainnya bersemangat untuk memodifikasi dan membuat level game yang sesuai dengan keinginan mereka. Jadi bila anda ingin membuat level game atau fitur yang canggih dengan teknologi terbaru maka anda akan kecewa. Sauerbraten atau Cube 2 tidak ditujukan spesifik untuk itu. Game engine ini tidak terlalu kuno sebenarnya tetapi karena pengembangnya tidak besar (hanya beberapa programmer saja) maka update yang ada tidak terlalu cepat. Tetapi game engine ini cukup fenomenal sebenarnya karena fitur unik yang dimilikinya.
Apa fitur uniknya? Anda bisa langsung membuat level game ketika sedang bermain game. Bahkan anda bisa bersama-sama dengan teman anda melalui jaringan LAN untuk memodifikasi level game yang ada. Menarik bukan? Editor yang ada langsung built ini didalam game. Inilah yang membuat game engine ini menjadi fun dan menantang untuk digunakan. Anda tidak hanya memainkan game yang ada saja namun bisa lebih dari itu.
Code yang ada pada Cube 2 adalah kode original dan anda bisa melihatnya karena game engin ini gratis. Saat ini game engine ini sudah digunakan oleh sebuah perusahaan untuk game komersil. Sementara programmer lain sedang memodifikasi game engin ini untuk genre RPG.

Fitur Game:

  • Gameplay yang cepat dan intens seperti Doom2 atau Quake 1
  • Mode mltiplayer yang bervariasi seperti: deathmatch, instagib, efficiency, tactics, capture (domination/battlefield style) dan coop edit
  • Masterserver & ingame server browser
  • Tidak ada lag dalam gameplay
  • Dua model untuk singleplayer: DMSP (berkelahi melawan monster invasion pada jenis DM map), classic SP (berdasarkan progresi SP seperti game yang lainnya)
  • Tersedia 7 senjata untuk kepuasan bermain : double barrelled shogun, rocket launcher, machine gun, rifle, grenade launcher, pistol, fist.


        Idea linear engine ini sangatlah sederhana saja, selama ini protype dari linear engine selalu dilengkapi dengan electronic control system, sehingga cost productnya menjadi mahal. Oleh karenanya pada saat sekarang ini berat kalau bersaing dengan produk conventional yang sudah eksis sejak lama. Untuk itu perlu sebuah linear engine yang mampu bersaing dengan engine-engine yang conventional.
Spring dirancang sebagai device untuk return cycle agar gerakannya linear. By the way consep dari linear engine ini adalah meningkatkan efisiensi dengan jalan mengurangi friction loss. Caranya semua gerakan putar dirobah dengan gerakan linear. Tentu saja untuk automotive tidak bisa digunakan sebagai gerakan mechanis langsung. Sekarang ini hybrid system sudah mulai banyak diluncurkan, keberadaan linear engine lebih menguntungkan sebagai main source energy nya.
      Kembali pada bahasan utama, yaitu tentang linear engine cyinder tunggal dengan spring mechanism. Engine ini designnya sangat praktis, sederhana,  ringan, dan kompak. Oleh karenanya diperkirakan biaya produksinyapun jadi murah, oleh karena harganyapun menjadi murah dan otomatis mampu bersaing dengan eengine comventional. Untuk mendesign engine ini bisa dengan banyak technique. Diaantaranya adalah full new design dan modifikasi dari engine yang sudah ada. Untuk membuat sebuah prototype, modifikasi adalah lebih menjanjikan karena untuk full fabrikasi semua komponen jatuhnya lebih mahal. Memang diperlukan preliminary design yang sedikit lebih rinci tapi tidak ada masalah yang terlalu kusus. 
      Kelebihan dari linear engine ini bila dibandingkan dengan originalnya yang conventional maka hamper semua performance lebih baik, kecuali speed dari engine tidak sevariable yang aslinya. Hal ini lebih disebabkan oleh factor characteristics dari spring yang defleksinya tergantung dari thrust force. Kalau thrust force besar maka deklesi bear, kalau thrust foce kecil deflesi juga kecil. Sehingga kalau defleksi terlalu kecil maka tidak bisa membuka intake manifold yang berakibat miss fire. Oleh karenanya kita harus optimizationkan design dr spring system ini.
        Ada beberapa perkara penting dalam design sebuah spring system pada linear engine. Pertama adalah system mechanic pada siklus pembakaran harus dapat bekerja sempurna. Disisi lain defleksi dari spring sangatlah bergantung thrust force dari piston, apa bila defleksi terlalu kecil maka intake manifold tidak akan terbuka dan akibatnya akan terjadi miss fire. Kedua, adalah dynamic loading yang kental terhadap fatigue, sementara kita inginkan berat spring yang ringan. Kedua permasalahan inilah yang membedakan dalam design spring pada spring system di linear engine. Ada dua buah objective function yang perlu di optimization-kan yaitu minimization spring weight dan maximization operation dari spring system.




sumber :
http://samuelhenry.com/sauerbraten-cube-2-game-engine
http://www.its-one.com/community/blogs/tag/automotive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar